Lima Dosen CASN, Harapan Baru Untuk AKN Seni Budaya Yogyakarta

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Lima Dosen CASN, Harapan Baru Untuk AKN Seni Budaya Yogyakarta
blog
Kiri-Kanan : Vivi, Wisnu, Rohmad, Hendi, Welyy. Foto: dok AKN

Bantul, aknyogya.ac.id – Untuk memenui kebutuhan pengajar, Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta pada tahun ajaran 2024-2025 mendapat tambahan 5 dosen dari jalur Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS dan PPPK, melalui pimpinan kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta yaitu Surat Keputusan Pengangkatan SK CASN dan PPPK Kemendikbud yang diserahkan Selasa, 30/7, di Pendopo Bale Widya Budaya, Jl. Parangtritis Km 4,5. Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Saat ini kampus AKN Seni Budaya Yogyakarta dikelola dua lembaga yaitu Pemda DIY melalui Dikpora dan Kemendikbudristek melalui Ditjen Vokasi. Kolaborasi ini akan menjadikan AKN Senbud Yk menjadi sebuah Perguruan Tinggi Vokasi yang benar- benar mencerminkan nilai kevokasiannya, sehingga akan membedakan antara  Perguruan Tinggi Vokasi dengan Perguruan Tinggi lain ataupun dengan Sekolah Kejuruan lainnya, meskipun saat ini  baru tingkatan kelulusan Diploma Satu.

Dosen - dosen tersebut nantinya akan mengajar pada Prodi Seni Tari, Seni Karawitan dan Seni Kriya Kulit. Selain itu ada tambahan satu dosen seni karawitan perpindahan dari BBPMPB Balai Seni Budaya Yogyakarta.

Berharap dengan adanya penambahan pengajar ini, ke depannya AKN Seni Budaya Yogyakarta selain akan semakin diminati oleh masyarakat, juga dapat dijadikan sebagai rujukan dalam pengembangan seni budaya khususnya budaya Yogyakarta. “Ke depan AKN Senbud Yk bisa memperbaiki dan melaksanakan program-program yang bermanfaat untuk masyarakat dan saat ini AKN Seni Budaya Yogyakarta ditetapkan sebagai salah satu Satuan Kerja Satker di bawah Ditjen Vokasi Kemendikbudristek, yang di dalamnya menuntut  beberapa inovasi dan kreatifitas  dengan tidak meninggalkan akar budaya gaya Yogyakarta,” ucap Kartiman. S.Sn., M.Sn.

“Berharap betul tahun berikutnya bisa dibuka tingkatan D2 dan berkelanjutan ke D3, sehingga AKN Senbud YK benar-benar menjadi payung untuk pengembangan seni budaya Jawa khususnya Yogyakarta,” imbuh dosen karawitan asal Balai Pelestarai Seni Budaya Yogyakarta.   

Dengan bertambahnya pengajar bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan pendidikan, kesenian, kebudayaan dan bisa memberikan kinerja yang optimal, “Sesuai pengalaman saya yang sudah dua tahun terjun di bidang industri, saya ingin ikut dalam mengembangakan kampus AKN Seni Budaya Yogyakarta,” tambah Rohmad Eko Priyono, M.Sn.

“Terutama saya sebagai dosen kriya kulit bisa  memberikan kontribusi yang lebih untuk memajukan industri kriya kulit,” pungkaS dosen CASN ini.

 

Rochmad AKN


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami