Galih Puspita K Dosen Tari AKN Senbud Yogyakarta Menjadi Juri Lomba Cipta Karya Tari Tingkat Bantul

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Galih Puspita K Dosen Tari AKN Senbud Yogyakarta Menjadi Juri Lomba Cipta Karya Tari Tingkat Bantul
blog
Para Perwakilan Kontingen Yang Menjuarai Lomba Cipta Karya Tari Saat Menerima Piala, Piagam dan Hadiah Dari Panpel. Foto ;Ist

Bantul, aknyogya.ac.id – Pertama kalinya Lomba Cipta Karya Tari Tingkat Kabupaten Bantul 2024 diadakan, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul bersama Komunitas Sanggar Seni Bantul mendapuk Galih Puspita Karti, M.Sn., Dosen Prodi Tari Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta menjadi Dewan Juri. Lomba yang diikuti oleh 17 Kapanewon di Kabupaten Bantul dilaksanakan di Pendapa Mandala Parasamya Komplek Pemda 2 Manding Bantul, Selasa dan Rabu, 15 dan 16/10.

Selain Galih Puspita Karti, dewan juri lainnya yakni, Anter Asmoro Tejo, M.Sn., dan Dr. Y. Adityanto Aji, M.A. Mereka selain sebagai pendidik juga seorang praktisi seni tari yang mumpuni. Menurut Nanik Sri Handayani, S.Sn., Ketua Komunitas Sanggar Seni Bantul (KSSB), diadakannya acara ini sangat positif, setidaknya memberikan kesempatan bagi para penari dan pengelola sanggar seni dalam berkreasi di bidang seni tari.

Festival Lomba Cipta Karya Tari tahun ini diselenggrakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul bersama Komunitas Sanggar Seni Bantul. Yunatun Yunadiana, S.Si. M,Sn. Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, kegiatan ini bertujuan memacu kreativitas para pengelola sanggar tari di Bantul dalam berproses kreatif terutama karya seni tari. “Selain memberikan ruang berkarya bagi seniman Bantul juga dalam rangka mendukung, melestarikan dan memajukan Seni Budaya keistimewaan DIY,” terang Yunatun.

Di tempat yang berbeda saat ditemui seusai acara, Galih Puspita Karti sebagai Dewan Juri berpendapat bahwasanya semua kontingen sudah menampilkan karya yang terbaik. sesuai dengan tema yang ditentukan oleh penyelenggara yaitu Bantul serta persembahan. “Harapan kedepan bagi peserta lebih berkreasi lagi, jangan surut berkarya dan bagi yang belum bisa menempati yang terbaik tetaplah bersemangat lagi untuk tahun yang akan datang, “ujar Galih, singkat.

Para juara hasil seleksi Lomba Cipta Karya Tari 2024 yakni juara 1 diraih oleh Kapanewon Piyungan, juara 2 Kapanewon Dlingo dan juara 3 dari Kapanewon Srandakan,

 

Rochmad AKN

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami