Mahasiswa Perkuat Skill, Harapkan Ikuti Dosen Sebagai Penari Pementasan The Legend Of Rorojongrang

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Mahasiswa Perkuat Skill, Harapkan Ikuti Dosen Sebagai Penari Pementasan The Legend Of Rorojongrang
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Prambanan,aknyogya.ac.id – Dosen Prodi Seni Tari Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta tampil sebagai tokoh Prabu Boko dalam pementasan The Legend of Rorojongrang di Komplek Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur dan Ratu Boko, Jl. Solo-Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sabtu, 11/5.

Dalam kisahnya diceritakan bahwa Prabu Damarmaya dikalahkan oleh Prabu Boko, ayah Rorojongrang. Lalu Prabu Damarmaya pergi menemui putranya, Bandung. Ia menceritakan bahwa Prabu Boko telah mengalahkan dirinya dalam peperangan. Bandung sangat marah dan akhirnya menantang Prabu Boko dan berhasil memenangi peperangannya. Pada saat itulah Bandung melihat Rorojongrang, seorang putri yang cantik jelita dan ia jatuh cinta kepadanya. Namun saat Rorojongrang mengetahui pembunuh ayahnya adalah Bandung, Rorojograng punya niat licik untuk mempermainkan Bandung. Ia meminta Bandung Bandawasa untuk membuatkan seribu candi dalam waktu satu malam, jika Bandung ingin menikahinya. Berniat menuruti permintaan Rorojongrang, Bandung dibantu Bondowoso berusaha mewujudkan keinginan tersebut. Namun karena kelicikan Rorojongrang akhirnya Bandung Bondowosao mengutuk Rorojongrang menjadi candi yang ke seribu.

Pemeran tokoh Prabu Boko yang juga dosen seni tari AKN Seni Budaya Yogyakarta, seusai penampilannya mengatakan bahwa, hal yang menarik dalam pementasan kali ini adalah sajian dramatari kolaborasi antara modern dance, akrobatik dan vidiotron. “Meski kolaborasi dengan tarian modern, namun tidak meninggalkan tari tradisi sebagai dasar pijakan gerak tari dalam pertunjukan ini,” terang Damar Kasiyadi, S.Pd. M.Pd.

Pementasan di unit teater dan pentas Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko tersebut digelar secara rutin disetiap akhir pekan. “Semoga ke depan mahasiswa, alumni AKN Seni Budaya Yogyakarta dapat ikut terlibat, baik sebagai penari maupun pemusik. Dengan memperkuat skill, membangun relasi dengan komunitas seni pengisi unit teater dan pentas TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko”, pungkasnya.

 

Rochmad AKN

 

 

 

 

 

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami