Capai Target indikator Kinerja Utama Dosen dan Mahasiswa, AKN Senbud Yk adakan workshop wayang

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Capai Target indikator Kinerja Utama Dosen dan Mahasiswa, AKN Senbud Yk adakan workshop wayang
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Playen, aknyogya.ac.id -Menyambut agenda rutin dua tahunan Biennale Anak Wayang Merdeka Minggu, 18/2, mahasiswa Program Studi Seni Kriya Kulit Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta mengadakan workshop wayang dengan tema Gunung Wayang di House of Menep, Plumbon Lor, Playen, Gunungkidul.

Acara yang melibatkan anak-anak, masyarakat Kapanewon Playen dan sekitarnya, digelar secara gratis dengan memanfaatkan material limbah kardus. Antusisme masyarakat sangat tinggi. Terbukti sejak awal digelarnya pelatihan mulai pukul 9.00 WIB hingga berakhir pada pukul 16.00 WIB, ke 60 orang peserta tak beranjak satupun.

Sekar Noviantirta mahasiswi Prodi Seni Kriya yang juga menjadi salah satu panitia workshop, kepada tim media aknyogya.ac.id mengatakan bahwasanya kegiatan tersebut diadakan oleh Prodi Kriya Kulit AKN Senbud Yk yang bekerjasama dengan Komunitas Wayang Merdeka serta sejumlah seniman Gunungkidul.“Menghadirkan anak-anak dari lingkungan sekitar Kapanewon Playen maupun dari sanggar-sanggar, acara ini dikemas dengan santai dan seru agar anak-anak bisa menuangkan segala imajinasinya dengan bebas sesuai keinginannya mereka sendiri, jadi anak-anak senang dan hasil karya nantinya akan dipamerkan”, ujar Sekar Novi.

Selain pelatihan pembuatan wayang berbahan kardus bekas, mahasiswa juga melakukan demontrasi praktek tatah sungging wayang kulit, sehingga acara tersebut jadi menarik perhatian warga sekitar untuk lebih mengenal cara pembuatan wayang kulit dan dunia wayang kulit. “Workshop ini merupakan awal dari rangkaian acara yang pada puncak acaranya akan digelar pada bulan Agustus 2024 dengan menampilkan dan memamerkan 500 wayang hasil karya anak-anak se-Daerah Istimewa Yogyakarta”, terang Ima Novilasari, S.Sn., M.Sn., dosen Prodi Seni Kriya.

Ima Novilasari menambahkan, “Workshop tersebut selain sebagai bentuk Tridharma Perguruan Tinggi, juga sebagai salah satu kegiatan untuk mencapai target nilai Indikator Kinerja Utama IKU Dosen dan Mahasiswa”, pungkasnya.

 

Rochmad AKN

 

 

 

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami