Penyusunan Dokumen Peta Jalan Dan Panduan Kurikulum AKN Senbud Yk Sesuai Permendikbud No. 53 Th 2023

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Penyusunan Dokumen Peta Jalan Dan Panduan Kurikulum AKN Senbud Yk Sesuai Permendikbud No. 53 Th 2023
blog
Foto Bersama Pimpinan dan Dosen AKN Seni Budaya Yogyakarta Usai Kegiatan. Foto ; Humas AKN

Sleman, aknyogya.ac.id – Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakartag mengadakan kegiatan Penyusunan Peta Jalan dan Panduan Pengembangan Kurikulum Tranformasi Pendidikan Tinggi melalui Implementasi Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 terkait Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Tahun 2024 yang dilaksanakan Kamis - Sabtu, 17-19/10 di Artotel Hotel, Jl. Kaliurang Km 5,6 No14, Catur Tunggal, Sleman.

Selaku PIC Kegiatan, Ari Dwi Rahmawati, M.Pd. Kepala P3MPM AKN Senbud Yk menjelaskan kepada aknyoyga.ac.id bahwasanya seluruh perguruan tinggi mendapat amanat untuk segera mengimplementasikan permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 ke dalam seluruh Program Akademik. Dari kegiatan itu diharapkan ada tiga output yang didapatkan yaitu Dokumen Peta Jalan, Dokumen Peraturan Akademik dan Dokumen Panduan Penyusunan Kurikulum.

“Kegiatan ini lebih berfokus kepada Penyusunan Peraturan Akademik dan Panduan Kurikulum. Untuk Penyusunan Dokumen Panduan Kurikulum AKN Senbud Yk diarahkan agar berdiskusi bersama stakeholder dan alumni supaya kita tahu kebutuhan alumni seperti apa, juga mengadopsi hasil Treasure Study, sejauhmana pembelajaran di AKN Senbud Yk itu memberi manfaat kepada teman-teman alumni ketika mereka terjun di dunia kerja. Ada kurang atau lebihnya nanti akan disesuaikan dengan hasil Treasure Study,” jelas Ari Dwi Rahmawati.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 25 peserta yang meliputi pimpinan, dosen dan staff pengajar AKN Seni dan Budaya Yogyakarta dengan menghadirkan pemateri utama Agus Nugroho, S.T., M.T., Tim Ahli APTV. Selama tiga hari mereka mengikuti seluruh alur kegiatan mulai dari Penyusunan Draf Peta Jalan dan Dokumen Panduan Kurikulum sesuai Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023, penjelasan tentang Implementasi Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu, Alur Penyusunan Peta Jalan dan Panduan Kurikulum, serta Diskusi dan Penyampaian Hasil Diskusi Penyusunan Peta Jalan dan Panduan Kurikulum sesuai dengan Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023.

“Maksimal tanggal 30 November kita harus melaporkan ke Kementrian. Jadi sebelum itu kita harus merapikan dan menyusun dengan baik sebelum nantinya kita juga akan sampaikan ke para stakeholder terkait dokumen yang sudah disusun. Sesuai dengan arahan Direktur AKN Senbud Yk, untuk Dokumen Peta Jalan disesuaikan dengan RPJMD DIY supaya kita tetap seiring sejalan dengan Pemda. Untuk dokumen Kurikulum juga akan disampaikan kepada stakeholder supaya kurikulum yang kita berikan kepada mahasiswa sesuai dengan kebutuhan yang ada di dunia kerja maupun dunia industri,” imbuh Ari.

Kegiatan tersebut merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa pendidikan tinggi di AKN Seni dan Budaya Yogyakarta dapat berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Diharapkan seluruh civitas akademika dapat menyusun dan mengimplementasikan kurikulum yang tidak hanya relevan, tetapi juga mampu meningkatkan mutu lulusan yang kompetan dan siap bersaing secara global. Dengan demikian program ini dapat memberikan manfaat jangka panjang.

 

Rochmad AKN


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami