Tingkatkan Ekonomi Sekitar, Pesta Wayang AKN Senbud Yk Gandeng Pedagang UMKM

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Tingkatkan Ekonomi Sekitar, Pesta Wayang AKN Senbud Yk Gandeng Pedagang UMKM
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Bantul, aknyogya.ac.id – Dalam Pesta Wayang Hari Wayang Dunia tahun 2023 yang digelar di komplek kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, cukup meriah dengan adanya dukungan dari para pelaku Usaha Kecil Menengah, salah satunya yang menarik yaitu stand kuliner makanan tradisional seperti makanan khas Yogyakarta seperti gudeg dan gulali. Ada juga makanan khas Kaliurang yaitu jadah tempe dan tak ketinggalan pula makanan khas Betawi seperti Kerak Telor dan Bacan.

Seperti yang dikatakan oleh Umi Umaryati pemilik stand kuliner gudeg mengatakan bahwa ketertarikannya membukan stand pada event pesta wayang ini karena melihat ada potensi produk yang dijualnya laku keras. “Biasanya jualan kami hanya melayani pesanan pribadi dan hajatan itu saja, mumpung ini ada gelaran event tradisional dan kami sebagai produk makanan tradisional, selain kami berfikir usaha berkembang juga memperkenalkan diri dan berusaha memperluas jejaring marketing kami. Pesta wayang kan tradisinonal juga kenapa ga saya coba karena makanan gudeg ini juga merupakan khas tradisional Yogyakarta,” katanya. Selasa,14/11.

“Gudeg merupakan makanan legendaris yang dulunya merupakan makanan mewahnya Ndalem kraton dan resep yang saya sajikan ini merupakan tinggalan nenek kami juga tradisi di kampung kami bila ada hajatan menu gudeg itu semacam wajib tersedia,” imbuh Umi Umaryati, di sela- sela melayani pembeli.

Di stand lainnya juga dibuka beberapa kerajinan wayang kulit, souvenir wayang, batik klasik dan kerajinan kriya pahat batu. Yang menjadi istimewa karena beberapa stand pameran kerajinan tersebut merupakan hasil karya para dosen dan instruktur prodi kriya sendiri. Salah satunya souvenir wayang milik Sahid yang merupakan instruktur pada mata kuliah sungging dan kerajinan berbahan batu milik Ima dosen mata kuliah bahan.

Stand sanggar Sarana Karya merupakan kerajinan pahat batu dari Magelang ikut meramaikan stand pameran Pesta Wayang 2023, “Sanggar kerajinan batu ini merupakan sanggar usaha milik keluarga, produk kami cobek dari berbagai macam bentuk, lumpang, lampion, asbak stupa dan patung ganesha, semua material berbahan batu gunung andesit atau lebih dikenal batu candi, sama bahannya pada candi Borobudur,” ujar Ima Novitasari, S.Sn., M.Sn., Owner Sanggar Sarana Karya yang juga Dosen Seni Kriya AKN Senbud Yk.

 

Rochmad AKN  

 

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami