AKN Sebud Yk Laksanakan Upacara Peringatan Hardiknas, Kenakan Kostum Gagrak Yogyakarta

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
AKN Sebud Yk Laksanakan Upacara Peringatan Hardiknas, Kenakan Kostum Gagrak Yogyakarta
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Bantul, aknyogya.ac.id – Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta melaksanakan upacara Hari Pendididkan Nasional tahun 2024 yang dilangsungkan di halaman kampus AKN Senbud Yk, Jl. Parangtritis Km 4,5, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Kamis, 2/5.

Upacara ini diikuti dari unsur jajaran pimpian dan civitas akademika kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, dengan melibatkan unsur mahasiswa sebagai pasukan pengibaran bendera dengan mengusung tema budaya gagrak Yogyakarta.

Setelah membacakan naskah pidato dari Bapak Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Direktur AKN Seni Budaya Yogyakarta, selaku pembina upacara menyampaikan bahwa, ‘Bergerak Bersama Lanjukan Merdeka Belajar’ ini merupakan tema besar pada upacara HARDINAS tahun 2024. “Bukan hal yang mudah untuk mentranformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. AKN Senbud Yk sesuai arahan Bapak Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta harus terus melanjutkan pendidikan sehinga mampu melahirkan anak-anak yang mandiri mempunyai jiwa pemimpin serta menumbuhkan kader penerus seni dan budaya Yogyakarta,” ujar Dr. Supadma, M.Hum., ditemui aknyogya.ac.id usai upacara.

Yang menarik dalam upacara Hardiknas kali ini adalah para peserta upacara mengenakan pakaian adat Jawa gagrak Yogyakarta, pembina upacara sendiri mengenakan pakaian beskap lengkap dengan atributnya, sedangkan petugas pengibar benderanya mengenakan baju tari Angguk jenis kebaya.

Ya, ini representasi budaya Jawa, karena AKN Senbud Yk merupakan Perguruan Tinggi Vokasi berstatus negeri khusus seni dan budaya gaya Yogyakarta dan mempunyai ketugasan untuk terus menumbuhkan, mencintai dan merawat kebudayaan Jawa khususnya seni budaya Yogyakarta,“ imbuh, Dr. Supadma, M.Hum.

Rochmad AKN

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami