Menghibur, Penonton Anak-Anak Sebabkan Improvisasi Dadakan Di Pentas Panji Jayakusuma

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Menghibur, Penonton Anak-Anak Sebabkan Improvisasi Dadakan Di Pentas Panji Jayakusuma
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Yogyakarta, aknyogya.ac.id – Mahasiswa AKN Seni dan Budaya Yogyakarta kembali tampil pada pagelaran Sendratari Wayang Topeng Panji Jayakusuma yang berlangsung di Pendopo Timur Komplek Museum Sonobudoyo, Jl. Pangarukan, Ngupasan, Kemantren Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Diawali dengan tari Golek Ayun - Ayun sebagai pembuka acara dan selanjutanya ceritera Prabu Klana Sewandana berlari kehutan mencari Dewi Sekartaji, dan pada adegan di pertengahan jalan ceriteranya masuk sesi guyonan. Pada penampilan Sabtu Malam, 4/5 penonton dibuat terhibur oleh para pemain. Pasalnya selain tampilan tarian dan ceritanya yang menarik, terdapat sesi adegan lawakan yang lucu, yaitu pada salah satu bagian gaculan yang diperankan dua orang abdi di tengah-tengah jalan cerita.

Sambung Gilang dan Sambung Langu yang dalam ceritanya merupakan dua kakak beradik yang kesehariannya mengabdi pada Prabu Klana Sewandana malam itu tampil sangat menghibur, “Sangat bangga bisa tampil maksimal dalam pementasan kali ini, selain antusiasme penonton yang ramai, banyak, baik penonton domistik maupun mancanegara juga turut serta merespon jokes- jokes segar kita dengan gembira, “ ujar Yobella Safa Riswan pemeran Sambung Gilang.

Awalnya saya kaget saat kita perfom, salah seorang penonton yang masih anak-anak masuk ke panggung. Menurut saya di usia yang masih kecil sudah berani tampil, punya mental yang besar. Jarang lho ada anak seusia sekolah TK mempunyai mental panggung,” imbuh Afian Windi Saputro pemeran Sambung Langu.

Penampilan mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta sebagai pengisi acara pentas Wayang Topeng Panji Jayakusuma di Museum Sonobudoyo sangat baik, dan ditampilkan dengan rapi. “Kolaborasi antara mahasiswa dua prodi yakni prodi tari dan prodi karawitan menghasilkan bentuk sajian yang menarik, komposisi gerak dan iringan itu menjadi cir khas dari garapan AKN Senbud Yk,” pungkas Dr. Yosef Adityanto Aji, M.A., dosen Prodi Seni Tari.

 

Rochmad AKN

 

 

 

 

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami