AKN Senbud Yk Manjakan Wisatawan Penikmat Seni Pada Penampilan Perdananya Di Sonobudoyo

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
AKN Senbud Yk Manjakan Wisatawan Penikmat Seni Pada Penampilan Perdananya Di Sonobudoyo
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Yogyakarta, aknyogya.ac.id – Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta mempersembahkan penampilan perdananya dalam pementasan Wayang Topeng Panji Jayakusuma kepada para wisatawan penikmat seni pertunjukkan usai libur pada bulan puasa. Sabtu,13/4, di Pendopo Timur komplek Museum Sonobudoyo, Jl. Pangarukan No. 6, Ngupasan, Kemantren Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Empat mahasiswa Prodi Seni Tari membawakan Tari Golek Ayun-Ayun sebagai sajian pembuka pementasana Wayang Topeng Panji Jayakusuma. Tarian tersebut adalah salah satu jenis tari klasik gagrak Yogyakarta. Selanjutnya kisah dimulai dengan prolog cerita oleh seorang narator yang menyampaikannya melalui tiga bahasa, yaitu bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, kemudian pertunjukkan pun berlangsung.

Singkat ceriteranya putra mahkota kraton Jenggala Manik Raden Panji melakukan pengembaraan dan mengabdi pada Raja Batukawarna. Berkat kecakapannya ia dianugerahi pangkat Tumenggung. Suatu saat Raden Panji Jayakusuma diperintahkan untuk menaklukan kerajaan di Bali. Singkat cerita dalam peperangan tersebut dimenangkan oleh Raden Panji bersama bala pasukannya, dan disinilah Panji Jayakusuma bertemu kembali dengan tunangannya, Dewi Ragil Kuning.

Seusai memerankan tokoh Sembung Langu seorang abdi (pembantu-red), Alfian Windi Saputro, mahasiswa Prodi Seni Tari menceritakan pengalamannya saat tampil pertama kali setelah libur selama satu bulan bahwasanya ada sedikit nervous karena jumlah audiens membludak seiring masa liburan sekolah dan tentunya minim sesi latihan di saat puasa, “Membutuhkan sedikit waktu untuk mengulang gerakan dalam naskah, perasaan saya senang bisa tampil perdana karena banyak mengalami hal baru yang belum pernah saya lakukan dan temui,” ujarnya, saat ditemui aknyogya.ac.id di ruang transit.

Ia juga mengungkapkan keinginannya agar semua mahasiswa dapat berkesempatan tampil. Tidak hanya di satu panggung saja melainkan di banyak event baik yang diprakarsai oleh AKN Seni Budaya Yogyakarta sendiri maupun memalui kerja sama antar kampus dengan seniman-seniman atau lembaga-lembaga di luar, “Harapannya semoga bisa berpartisipasi ikut dalam pertunjukan baik di Sonobudoyo ataupun di tempat panggung lainnya karena kesempatan tampil termasuk hiburan dalam hidup saya,” harap, alumnus SMKI jurusan teater ini.

 

Rochmad-AKN

 

  


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami