Gelar Budaya Desa Bangunharjo Harapkan Kerjasama Dengan AKN Seni Budaya Yogyakarta

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Gelar Budaya Desa Bangunharjo Harapkan Kerjasama Dengan AKN Seni Budaya Yogyakarta
blog
Pementasan Dramatari Panji Asmarabangun Dalam Gelar Budaya Di Ngoto, Desa Bangunharjo, Sewon. Bantul. Foto: IST

Bantul, aknyogya.ac.id –Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta sebagai Perguruan Tinggi Negeri Vokasi khusus seni dan budaya Yogyakarta, berkewajiban menumbuh kembangkan, melestarikan dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap segala kegiatan yang berunsur seni dan budaya gaya Yogyakarta.

Seperti yang diungkapkan Kepala Pusat Penelitian Penjaminan Mutu dan Pengabdian Masyarakat P3MPM AKN Seni dan Budaya Yogyakarta dalam mengapresiasi kegiatan Pagelaran Budaya yang dilangsukan pada Minggu malam, 22/9, di lapangan Fasum Ngoto, Kalurahan Bangunharjo, Sewon, Bantul, bahwa hal tersebut merupakan salah satu upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya Yogyakarta. Dan harapan ke depan AKN Seni dan Budaya Yogyakarta bisa turut bersinergi dalam acara setiap Gelar Budaya yang ada di DIY “Kegiatan tersebut menunjukan bukti nyata kecintaan kita dan upaya nguri-uri seni dan budaya, kegiatan pementasan tersebut perlu kita dukung bersama, bersatu padu kita jaga, agar terus dipertahankan dan generasi penerus kita lebih memahami dan juga mencintai keberadaan seni dan budaya yang kita miliki,” terang Ari Dwi Rahmawati, M.Pd.

Seusai sambutan, Lurah Bangunharjo kepada aknyogya.ac.id mengatakan, selain kita apresiasi kegiatan ini, dikarenakan budaya kita ini dirasakan semakin hari terus tergerus oleh budaya asing, maka dengan adanya kegiatan Gelar Budaya Seni Karawitan dan Dramatari tersebut harapannya generasi yang akan datang lebih peduli dan punya rasa memiliki terhadap seni budaya warisan nenek moyang kita yang adhiluhung.

Dan tentu dengan talenta-talenta muda yang kita miliki ini, kami berharap bisa melakukan kerjasama yang lebih baik dengan kampus AKN Senbud Yk sebagai Perguruan Tinggi Negeri bidang seni dan budaya. Agar generasi muda yang berminat pada bidang seni dan budaya terwadahi dan memiliki kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Jadi saya berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan di tempat lain agar budaya kita, warisan leluhur kita ini tetap lestari dan berkembang, dan harapan kami, kami diberi kesempatan untuk menjalin kerjasama pada program bea siswa bagi mahasiswa di AKN Seni dan Budaya Yogyakarta,” ungkap Nurhidayat, M.Si

Gelar Budaya Seni Karawitan dan Dramatari tersebut mengangkat judul Panji Asmarabangun, yang menceritakan tentang perjalanan Raden Panji Inu Kertapati seorang pangeran dari Kerajaan Jenggala manik yang jatuh hati kepada Dewi Sekartaji dari Kerajaan Kediri. Hadir dalam kesempatan tersebut Umarrudin Masdar, S.Ag., Wakil Ketua DPRD DIY dan Abdul Halim Muslih, Bupati Kabupaten Bantul.

 

Rochmad AKN


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami