Kuliah Magang AKN Senbud Yk Siapkan Mahasiswa Prodi Kriya Untuk DUDIKA

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Kuliah Magang AKN Senbud Yk Siapkan Mahasiswa Prodi Kriya Untuk DUDIKA
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Bantul, aknyogya.ac.id – Pada Tahun Ajaran 2023/2024, mahasiswa Prodi Seni Kriya AKN Seni dan Budaya Yogyakarta mendapatkan Mata Kuliah Magang di Semester II ini. Mata Kuliah ini adalah mata kuliah yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi D-1 Kriya Kulit, yang dilaksanakan di luar kampus sebagai praktek mahasiswa di DUDIKA (Dunia Industri Dunia Kerja-red) di bawah bimbingan langsung dari pengusaha. Mata kuliah ini dilaksanakan dalam waktu 16 tatap muka atau hari kerja. Bobot dari mata kuliah ini adalah 4 SKS yang setara dengan 16 x 8 jam efektif/kerja.

Seperti yang dilakukan oleh para mahasiswa Prodi Seni Kriya pada Senin, 20/5, mereka terbagi dalam beberapa kelompok memenuhi mata kuliah ini untuk magang di lima tempat, yaitu Griya Ukir Kulit Sagio (Bantul) untuk praktek membuat wayang, Sanggar Wayang Pak Tumpuk (Bantul) untuk praktek membuat alat tatah, Sanggar Seni Kasunggingan Karsuli (Bantul) untuk praktek menyungging, Sanggar Kerajinan Tanduk Kerbau “Awit Rejo Ngalimin” (Klaten) untuk praktek membuat gapit wayang dan Classic Wayang (Kraton).

Tim Dosen Mata Kuliah ini terdiri dari empat orang dosen, yaitu Ima Novilasari, M.Sn., Junende Rahmawati, M.Sn., Drs. Andono,M.Sn., dan Ari Dwi Rahmawati, M.Pd.

Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dari dunia kerja sesungguhnya, dan atau mengenal Dudika yang berkaitan dengan mata kuliah yang dipelajari di kampus, sehingga dapat digunakan sebagai bekal setelah lulus nantinya. Selain itu juga sebagai wadah untuk saling bertukar pengalaman keterampilan dan saling belajar antara mahasiswa, institusi dengan DUDIKA.

Lebih lanjut Kepala Pusat Penelitian, Penjaminan, Mutu dan Pengabdian, Masyarakat P3MPM berharap dari kegiatan magang ini mahasiswa mampu memperoleh kompetensi-kompetensi sesuai dengan bidang-bidang yang diambil dari tempat magangnya ini. “Mahasiswa belajar langsung dari ahlinya dan juga mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang lain ketika mereka belajar di dunia usaha atau dunia industri yang sesuai dengan Program Studi Kriya Kulit,”harap Ari Dwi Rahmawati kepada aknyogya.ac.id.

Kaprodi Seni Kriya Ima Novilasari, M.Sn., mengatakan bahwa dengan Kuliah Magang ini mahasiswa akan memiliki pengalaman di Dudika dalam memproduksi, mengelola dan menjual karya/produknya. “Nantinya di akhir Kuliah Magang ini mahasiswa berkewajiban untuk mendeskripsikan pengalaman kerjanya dalam bentuk laporan tertulis, sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan Kuliah Magang,” jelasnya.

 

Rochmad AKN


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami