Kunjungi Kraton, Sonobudoyo Dan Puro Pakualaman Siapkan MABA Jadi Agen Pelestari Seni Budaya

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Kunjungi Kraton, Sonobudoyo Dan Puro Pakualaman Siapkan MABA Jadi Agen Pelestari Seni Budaya
blog
Mahasiswa Baru Angkatan XI Saat Mengunjungi Puro Pakualaman. Foto: Dok AKN

Yogyakarta, aknyogya.ac.id –Akademi Komunitas Negeri Seni Budaya Yogyakarta dalam penyelenggaraan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru PKKMB hari kedua melakukan kunjungan budaya ke sejumlah tempat yang mempunyai nilai historis seni dan budaya khusus budaya Yogyakarta. Antara lain melakukan kunjungan ke Museum Sonobudoyo, Kraton Yogyakarta dan Kadipaten Pura Pakualaman. Selasa, 27/8.

Museum Sonobudoyo merupakan lokasi pertama yang di kunjungi. Di sana para mahasiswa baru bisa melihat miniatur Yogyakarta dan juga mengenal beberapa benda bersejarah Kraton Yogyakarta. Pada kunjungan kedua, mahasiswa diajak mengenal lebih dalam sumber dari ruh seni budaya Jawa yakni Kraton Yogyakarta, dimana ilmu seni budaya Jawa bersumber dari dalam Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Selanjutnya pada kunjungan penutup peserta PKKMB mengujungi Kadipaten Pura Pakualaman, dimana Pakualaman juga menjadi salah satu sumber ilmu seni budaya Jawa yang erat kaitannya dengan Kraton Yogyakarta.

Sarifah Tri Widyastuti salah satu mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB mengungkapkan kekagumannya saat berkesempatan mengunjungi tempat dimana sumber ilmu seni dan budaya Jawa berasal, “Iya, kemarin keliling Museum Sonobudoyo, Kraton Yogyakarta dan Puro Pakualaman. Di sana dijelaskan oleh abdi dalem kraton tentang Seni Tari, Seni Karawitan gagrak Yogyakarta dan Seni Tatah Wayang gaya Yogyakarta,” kata mahasiswa asal Selopamioro, Bantul.

“Kunjungan sebelum masa kuliah aktif dimulai ini sangat bermanfaat untuk belajar sejarah kebudayaan dan seni di Yogyakarta bagi mahasiswa jurusan seni dan budaya,” imbuh, Ifah sapaan akrabnya.

Saat dihubungi aknyogya.ac.id Koordinator PIC Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru PKKMB AKN Seni Budaya Yogyakarta Angkatan XI menerangkan bahwa, kunjungan mahasiswa baru ke sejumlah lokasi seperti Kraton Yogyakarta, Kadipaten Puro Pakualama dan Museum Negeri Sonobudoyo merupakan program tahunan AKN Seni Budaya Yogyakarta. “Erat kaitannya dengan wisi misi kampus AKN Seni Budaya Yogyakarta yang merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri Vokasi khusus seni dan budaya gaya Yogyakarta, dimana seni budaya Jawa bersumber dari Ndalem Kraton Yogyakarta dan Kadipaten Puro Pakualaman, tentunya ini menjadi bagian penting untuk menyiapkan mahasiswa baru nantinya menjadi agen pelestari seni dan budaya khususnya seni dan budaya Yogyakarta,” terang Ali Nursatyo Nugraha, M.Sn.

 

Rochmad AKN

 

 

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami