Kuliah Perdana Sebagai Pijakan Awal Mahasiswa Masuki Pengalaman Belajar Di AKN Senbud YK

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Kuliah Perdana Sebagai Pijakan Awal Mahasiswa Masuki Pengalaman Belajar Di AKN Senbud YK
blog
Suasana Kuliah Perdana Mahasiswa Baru Angkatan XI. Foto: Dok.AKN

Bantul, aknyogya.ac.id – Seiring berakhirnya kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru PKKMB Kuliah Perdana bagi mahasiswa baru dari masing- masing program studi yang ada di kampus Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta dimulai pada Senin, 2/9.

Kuliah Perdana bagi seorang mahasiswa baru boleh dikatakan sebuah babak baru dalam kehidupan akademiknya di perguruan tinggi. Perkuliahan itu juga dapat diartikan sebagai hal yang esensi dalam mengikuti perkuliahan selanjutnya. Mereka yang menantikan masa itu karena menganggap kuliah perdana itu adalah star awal menggeluti disiplin ilmu yang akan diterima. Secara tidak langsung pada masa itu mereka dibantu meletakan dasar-dasar keilmiahan yang akan ditempuh.

Begitupun kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta yang para mahasiswa barunya diawal Kuliah Perdana ini langsung pada materi kuliah pokok yang dilakukan dari ketiga program studi. Misalnya di awal kuliah tatap muka para mahasiswa saling berkenalan dengan para dosen dan tendik. Kemudian dilanjutkan dengan perjanjian pembelajaran kuliah dengan prodi dan masing-masing dosen pengampu.

Seperti yang dikatakan oleh Syarifah, mahasiswa baru Prodi Seni Kriya Kulit, “Kuliah perdana selain saling berkenalan dan pengenalan tata tertip di kelas juga langsung pada pembelajaran mata kuliah Pengantar Wayang,” ujarnya, saat ditemui tim media aknyogya.ac.id di ruang laboratorium kriya.

Hal yang sama dikatakan oleh salah satu dosen Kriya Kulit bahwasanya pada saat kuliah perdana mahasiswa AKN Seni Budaya Yogyakarta juga diadakan kegiatan worshop tentang Seni Tari, Seni Karawitan dan Seni Kriya atas kerjasama antara Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta dengan SMA Tumbuh Yogyakarta. “Selain menyampaikan materi awal, sebagian mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan worshop ini, karena materi workshopnya kebetulan sama dengan materi kuliah awal yaitu tentang pengantar wayang,” jelas Dr. Tri Suryo Widodo, M.Hum, dosen Mata Kuliah Pengantar Wayang.

 

Rochmad AKN

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami