Pementasan Wayang Topeng Panji Jayakusuma AKN Senbud Yk Selalu Fullbox

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Pementasan Wayang Topeng Panji Jayakusuma AKN Senbud Yk Selalu Fullbox
blog
Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta

Gondomanan – Pementasan Wayang Topeng Panji Jayakusuma yang rutin diselenggarakan oleh mahasiswa kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta di pendopo timur Museum Sonobudoyo Jalan Pangurakan No. 6 Ngupasan, Godomanan, Yogyakarta setiap tiga minggu sekali, kali ini diajukan jadwalnya yang semula dijadwalkan pada tanggal 24 Juni menjadi 17 Juni. Hal ini dikarenakan akan dilaksanakannya PKL sebagai laporan karya akhir studi mahasiswa pada tanggal 25 Juni di Gunungkidul, sehingga perlu mempersiapkannya sehari sebelumnya.

Kepada tim media aknyogya.ac.id Pratiwi salah satu mahasiswa prodi tari menyampaikan bahwa dimajukannya jadwal pentas kali ini karena para mahasiswa memerlukan waktu untuk persiapan PKL pada tanggal 25 Juni. “Kebetulan kami akan menyelenggarakan PKL pada tanggal 25 Juni di Gunungkidul, sehingga pentas di Sonobudoyo yang telah dijadwalkan tanggal 24 kami minta untuk diajukan seminggu sebelumnya,” ujarnya.

Dari pantauan tim media aknyogya.ac.id pementasan Wayang Topeng Panji Jayakusuma pada Sabtu malam, 17/6, terlihat banyak pengunjung memenuhi kursi penonton. Bahkan beberapa tampak rela berdiri demi bisa menikmati pertunjukan wayang topeng tersebut dikarenakan semua kursi telah terisi. Sebagian dari mereka adalah wisatawan asing.

Ketika ditemui oleh aknyogya.ac.id, Erick seorang wisatawan asal Kanada mengatakan bahwa meski harus berdiri karena tidak mendapatkan kursi ia tidak keberatan dan tetap merasa senang karena bisa terhibur dengan menyaksikan pertunjukan wayang topeng yang menurutnya sangat bagus dan menarik itu. “I’m very happy and that show is very interest. I don’t mind though I must stand to enjoy it,” ungkapnya singkat.

Terkait hal tersebut pihak Sonobudoyo melalui Kepala Seksi Bimbingan Informasi dan Preparasi Museum Sonobudoyo Wismarini, SE., M. Hum. menjelaskan bahwasanya dengan hadirnya kampus AKN Senbud Yk ini sangat tepat sebagai wadah generasi muda yang merupakan kader pelestari kebudayaan asli Yogyakarta untuk berperan aktif. “Kerjasama yang terjalin selama ini, kami Museum Sonobudoyo sendiri salah satunya memberikan panggung untuk bereskpresi, bagi baik mahasiswa aktif maupun alumni AKN Senbud Yk. Keberadaan AKN Senbud Yk ini sangat membantu. Artinya kerjasama saling mendukung pelestraian kesenian dan budaya Yogyakarta. Selama program ini berjalan dalam pantauan kami antusiasme para pengunjung sangat tinggi, bahkah di hari-hari AKN Senbud Yk pentas selalu fullbox pengunjung,” imbuh Wismarini, SE., M. Hum. saat ditemui tim media aknyogya.ac.id di ruang kerjanya, Selasa 13/6.

 

Rochmad AKN

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami