Bayu Purnama Launching Sang Reghawa Karya Orisinilnya Di Panggung Trimurti Candi Prambanan

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Bayu Purnama Launching Sang Reghawa Karya Orisinilnya Di Panggung Trimurti Candi Prambanan
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Sleman, aknyogya.ac.id – Adalah Sang Reghawa, salah satu hasil karya besutan Bayu Purnama seniman karawitan yang saat ini juga menjabat sebagai Koordinator Program Studi Seni Karawitan Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta, mengiringi pementasan Sendratari Rama Shinta di Panggung Trimurti komplek Tamana Wisata Candi Prambanan Jl. Solo- Jogja, Bokoharjo, Kalasan, Prambanan, Yogyakarta, Sabtu, 17/2.

Dalam pagelaran Sendratari Ramayana Ballet tahun ini untuk iringan musik atau komposernya masih dipercayakan kepada praktisi seni karawitan yang juga dosen seni karawitan asal Bangunjiwo, Bantul tersebut. Berikut sedikit notasi sebagai iringan musik pada saat pementasana sendratari Rama Shinta. Lancaran Obahing Magersari Manunggal merupakan iringan karawitan sebagai pembuka pagelaran, hingga Gangsaran Kempyung sebagai iringan pada adegan Kerajaan Manthili serta Playon Mataraman Wetah, Sampak Sakaratul Maut dan sebagai pengakhir adalah Gangsaran Dasa Muka Gugur.

Walaupun durasi waktu dalam pementasanaya dipadatkan, nyaris tidak ada perbedaan dalam penyajiannya. Hanya butuh penyesuaian untuk mengefisienkan waktu. Sehingga tetap dapat menarik perhatian para audiens baik dari domestik ataupun penonton mancanegara.

Papang (sapaan akrabnya) saat dimintai keterangan oleh tim media aknyogya.ac.id megatakan bahwa, tahun ini melalui manajemen, pengelola Taman Candi Prambanan mempersingkat durasi pementasan, “Sehingga banyak perubahan dari segi waktu untuk alur ceritera dan iringan musiknya. Tetapi tidak sulit hanya memperpadat dan penyesuaian-penyesuaian jalan ceritanya sehingga keutuhan ceritanya tetap terjaga, bahkan gaya dalam tarian tariannya untuk keklasikannya masih kental walaupn ada tambahan sedikit gaya kontemporer”, terangnya, dilokasi pertunjukan.

Untuk jadwal dalam pementasannya di tahun 2024 ini sudah terperici, kelompok tari yang tergabung pada Obahing Magersari Manunggal akan naik panggung pementasan 9 kali dalam satu tahun penampilan.

Rochmad-Akn

 

 

 

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami