Ekspresi Stand Seni Mahasiswa Di Perayaan Hari Tari Dunia, Buah Keseriusan Matkul Kewirausahaan

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Ekspresi Stand Seni Mahasiswa Di Perayaan Hari Tari Dunia, Buah Keseriusan Matkul Kewirausahaan
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Bantul, aknyogya.ac.id – Turut mendukung dan mensukseskan Perayaan Hari Tari Dunia yang diprakarsai oleh mahasiswa Prodi Seni Tari, para mahasiswa baik Program Studi Seni Kriya dan Program Studi Seni Karawitan kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta masing-masing membuka stand pameran bersama beberapa kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Bantul di halaman kampus Jl. Parangtritis, No. 364, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Prodi Seni Kriya sendiri dalam hal ini membuka stand galeri seni yang di dalamnya memajang kerajinan batik, wayang kulit dan aksesoris kostum tari serta kerajinan berbahan kulit lainnya. Demikian halnya mahasiswa Prodi Seni Karawitan dan Prodi Seni Tari melakukan hal yang sama untuk mengaplikasikan salah satu mata kuliah yang didapatkannya, yakni kewirausahaan.

Seusai meresmikan pembukaan perayaan Hari Tari se-Dunia HTD 2024 yang berlangsung di Pendopo Bale Widya Budaya, Kepala P3MPM sempat mengunjungi stand galeri seni dan produk mitra UMKM yang tertata di sepanjang halaman kampus. “Sebagai mahasiswa AKN Senbud Yk selain mahir di bidang seni sesuai program studi yang diikuti juga dibekali jiwa kewirausahaan untuk membentuk jiwa seniman dan budayawan yang bermental pengusaha. Jadi kelak setelah lulus kuliah dari AKN Senbud Yk dan kembali ke masyarakat mempunyai bekal dasar sebagai kader pengerak seni budaya yang berjiwa wirausahawan,” terang Ari Dwi Rahmawati, M.Pd. Sabtu, 27/4.  

Hal yang sama dikatakan oleh salah satu mahasiswa yang bertugas menjaga stand di arena pameran, bahwa jauh sebelum perayaan Hari Tari Dunia dihelat, Prodi Seni Kriya sendiri sudah merencanakan akan membukan dua stand yang dibagi dua shiff yaitu stand galeri seni dan stand cafe. “Di sini saya berharap bahwa dengan adanya galeri ini dapat melatih dan mengembangkan kemampuan mahasiswa kriya berwirausaha selain di bidang seni tatah dan sungging wayang kulit,” ujar Sekar Noviantirta salah satu mahasiswa kriya angkatan X.

Perayaan Hari Tari Dunia tahun 2024 sendiri dihelat dengan beberapa agenda yang antara lain lomba menari baik kelompok dan tunggal serta parade tari lintas angkatan yang dimulai pukul 08.00 hingga pukul 00.00 WIB.

 

Rochmad AKN

 

 

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami