Inovokasia 24 Bagi AKN Senbud Yk Sebagai Ajang Menjalin Jejaring Yang Lebih Kuat Dengan Para Mitra

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Inovokasia 24 Bagi AKN Senbud Yk Sebagai Ajang Menjalin Jejaring Yang Lebih Kuat Dengan Para Mitra
blog
Direktur Mitras DUDI, Wakil Rektor UGM, Ketua Konsorsium PTV DIY, Konsorsium Fakultas Vokasi UNY, Konsorsium AKN Senbud Yk. Foto:dok AKN

Sleman, aknyogya.ac.id – Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta, Sekolah Vokasi UGM dan Fakultas Vokasi UNY yang tergabung dalam Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Vokasi Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Vocational Career Days dan Pameran Inovasi Vokasi yang diselenggarakan di GIK UGM, Rabu, 11/9/24.

Direktur MitrasDUDI Ditjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Kemendikbudristek RI menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dan relavan, bukan hanya sekedar pertemuan antara lulusan dengan dunia industri, akan tetapi menjadi platform yang strategis yaitu untuk memastikan bahwa apa yang dipelajari di bangku sekolah vokasi itu benar-benar sesuai dengan kebutuhan industri. “Kecepatan inovasi di bidang pendidikan vokasi harus mengikuti atau bahkan mendahului laju perkembangan teknologi dan ekonomi. Karena dalam beberapa hal pendidikan vokasi ini menjadi trendsetter teknologi,” jelas Adi Nuryanto, S.T., M.T.

Lebih lanjut ia juga berpesan jika para lulusan pendidikan vokasi yanag sudah berkecimpung dalam dunia industri, maka sebisanya juga ikut memperhatikan dan mengembangkan dunia pendidikan vokasi.

Tiga hal yang harus disiapkan pendidikan vokasi antara lain, SDM yang kompeten, menyiapkan SDM yang mampu menganalisa dan memberi solusi yang tepat terhadap semua permasalahan yang dihadapi dan menyiapkan SDM yang dinamis sehingga bisa menjadi agen perubahan.

Dari ketiga hal tersebut, sangat dibutuhkan pendidikan yang bagus dengan dukungan infrastuktur yang memadai dan memiliki jejaring kemitraan yang kuat. “Maka adanya program fasilitasi kemitraan dari Kemendikbud ini merupakan upaya untuk mendorong munculnya inovasi-inovasi di daerah dan meningkatkan hubungan kemitraan yang produktif antara satuan pendidikan vokasi dan mitrasDUDI,” terang Dr. Wiryanta, S.T., M.T., Ketua Konsorsium Perguruan Tinggi Vokasi DIY, seperti dikutip dari laman antaranews.com.

Ari Dwi Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Peneliti Konsorsium yang juga Kepala P3MPM AKN Seni dan Budaya Yogyakarta mengapresiasi dengan digelarnya Inovokasia 24 ini, AKN Seni Budaya Yogyakarta sebagai Perguruan Tinggi Negeri Vokasi bersyukur bisa ikut andil dalam rangkain konsorsium dan berlanjut pada kegiatan fasilitasi kemitraan. “Di sini dari AKN Senbud Yk mengikutkan karya inovasi dari mahasiswa Prodi Kriya Kulit seperti, Pakaian Tari, Aksesoris Kulit Perlengkapan Tari dan Pameran Wayang Kulit,” ujarnya.

AKN Seni Budaya Yogyakarta bisa menjalin jejaring yang lebih kuat lagi dengan para mitra serta mengenalkan lebih luas keberadaan AKN Senbud Yk sebagai Perguruan Tiggi Negeri Vokasi khusus seni budaya gaya Yogyakarta ke berbagai kalangan,” imbuh Ari Dwi Rahmawati.

Turut hadir dalam pembukaan Inovokasia 24 yang di langsungkan di Student Center Gelanggang Inovasi dan Kreatifitas UGM, antara lain Direktur Mitrasdudi Kemendikbud, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat UGM, Kadinas Tenaga Kerja DIY, Dekan Sekolah Vokasi UGM dan Direktur AKN Seni dan Budaya Yogyakarta.

 

Rochmad AKN


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami