Libur Semester 1, Mahasiswi Karawitan AKN Senbud Yk Tampil Nyinden Iringi Pementasan Wayang Kulit

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Libur Semester 1, Mahasiswi Karawitan AKN Senbud Yk Tampil Nyinden Iringi Pementasan Wayang Kulit
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Gunungkidul, aknyogya.ac.id – Mencari kesibukan di sela-sela liburan perkuliahan pada semester satu, mahasiswa AKN Seni dan Budaya Yogyakarta melakukan penampilan sebagai sinden bersama kelompok sanggar karawitan mengiringi pementasan dalang wayang kulit di daerahnya. Salah satunya yang dilakukan oleh mahasiswi Prodi Seni Karawitan Angkatan X ini yaitu ikut tampil nyinden pada pemetasan wayang kulit pada Sabtu, 30/12/23 di daerah asalnya, Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

Ada kesan tersendiri dalam pementasan yang dilakukan bersama kelompok sanggar karawitan dalam mengiringi pertunjukan wayang kulit, salah satunya untuk mengasah kemampuan olah vocalnya dan tentunya tetap belajar walaupun dalam kalender pendidikan perkuliahan libur. Isnaini Puspa Kumalasari adalah salah satu mahasiswi yang mengisi waktu liburan melakukan pementasan mengiringi pertunjukan wayang kulit.

Mahasiswi Prodi Seni Karawitan Angkatan X dalam keterangannya saat wawancara dengan tim media aknyogya.ac.id melalui sambungan telephone mengatakan bahwa, sebenarnya banyak tawaran untuk manggung (pentas-red), namun ia memilih waktu dimana waktu perkuliahan libur, “Sebetulnya banyak tawaran tanggapan masuk baik untuk pementasan wayang kulit atau tanggapan perorangan, tetapi saya batasi untuk menyesuaikan waktu perkuliahan. Karena selain jarak juga saya harus lebih konsentrasi dalam kuliah untuk mengejar nilai,” tutur Isnaini Puspa Komalasari yang juga merupakan alumni SMKI Yogyakarta.

Hal seperti ini merupakan yang menjadi harapan dan tujuan yang sejalan dengan visi misi AKN Seni dan Budaya Yogyakarta dimana alumninya kelak setelah lulus bisa langsung berkarya dan terjun ke masyarakat melalui kreatifitas yang dimilikinya.

 

Rochmad AKN

 

 

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami