P3MPM AKNSB Yogyakarta Rencanakan Susun Kurikulum Baru Libatkan Dirjen PTV

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
P3MPM AKNSB Yogyakarta Rencanakan Susun Kurikulum Baru Libatkan Dirjen PTV
blog
Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta

Bantul- Kampus Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta dalam program  awal tahun 2023 akan menyusun program kurikulum baru yang disesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat. Dimana selama ini kurikulum yang dipakai oleh AKN Seni dan Budaya Yogyakarta sendiri masih menggunakan kurikulum lama yakni, kurikulum dari kampus  Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Seperti yang dijelaskan oleh Ari Dwi Rahmawati,M.Pd. Kepala Pusat Penelitihan, Pengabdian Masyarakat dan Penjamin Mutu (P3MPM) bahwa pelaksanana teknis penyusunan kurikulum baru Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta nantinya pada minggu ke-3 dalam bulan Januari tahun 2023 dan akan diberlakukan pada tahun ajaran 2023/2024.

“Mekanismenya dalam penyusunan kurikulum tahun 2023 yakni kampus AKNSB Yogykarta akan mengadakan diskusi dengan mengundang pejabat dari Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Vokasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) untuk mendampingi dalam proses penyusunan”, terang Ari Dwi Rahmawati, Senin, 9/1.

Pada dasarnya isian kurikulum baru yang nantinya akan diberlakukan masing- masing program studi hampir sama yakni, mata kuliah di Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta itu harus relevan dengan DUDIKA (Dunia Industri dan Kerja). Kesesusian materi dalam perkuliahan dengan ketrampilan di lapangan atau industri dunia kerja akan lebih diperhatikan.

Ada beberapa kurikulum di masing-masing prodi yang akan ada pembaharuan. Karena bagaimanapun kampus AKNSB Yogykarta sendiri tetep harus mencetak bibit-bibit unggul yang mampu bisa ditempatkan di lapanga kerja dan mampu beradaptasi di dunia kerja serta mampu bersaing di industri dunia kerja terutama di dunia seni dan budaya”, ujar kaprodi karawitan pada tim media AKN Seni Budaya Yogyakarta.

Harapan kedepannya kampus Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta menghasilkan lulusan-lulusan yang bermentalitas dan berdedikasi tinggi dalam kompetensi keahlian, mampu mengatasi kesulitan, hambatan serta mampu mencari solusi yang terbaik saat terjun ke dunia kerja atau ke masyarakat.

 

 

Rochmad-AKN

 

 

 

 

 

    


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami