AKN Senbud YK Terbaik I Nasional PTN Vokasi Dalam Pemanfaatan UKT

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
AKN Senbud YK Terbaik I Nasional PTN Vokasi Dalam Pemanfaatan UKT
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Makasar,aknyogya.ac.id – Setelah menempati terbaik 3 Nasional pada tahun 2022 dalam optimalisasi SINDE (Sistem Naskah Dinas Elektronik) tingkat Ditjen Pendidikan Vokasi dan terbaik ke 3 Nasional tahun 2023 katagori Media Komunikasi dan Humas, kini di tahun 2024 Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta kembali mengukir prestasi menjadi yang terbaik 1 Tingkat Nasional dalam katagori pemanfaatan UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang diselenggaran oleh Diretorat Jenderal Pendididkan Vokasi, Kemendikbudristek Republik Indonesia.

Hal ini diumumkan dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program dan Anggaran tahun 2024 yang dihadiri oleh pimpinan AKN dan Politeknik Negeri dari seluruh Indonesia di Four Points Sheraton Makasar, Jl. Andi Djemma No. 130, Pabaeng, Kecamatan Tamalate, Kota Makasar, Sulawesi Selatan, Kamis, 22/2.

Dalam penerapan Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada perguruan tinggi negeri di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, UKT (Uang Kuliah Tunggal) adalah biaya yang dikenakan kepada setiap mahasiswa untuk digunakan dalam proses pembelajaran yang besarannya ditetapkan oleh pimpinan PTN bagi mahasiswa program diploma dan sarjana.

Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta memiliki 7 kelompok UKT yang masing-masing kelompok berbeda nilainya. Salah satunya penetapan kelompok mahasiswa beserta besaran UKT dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa.

Di sela-sela kegiatannya dalam koordinasi tersebut, direktur Akademi Komunitas Seni dan Budaya Yogyakarta mengatakan bahwa adanya kenaikan jumlah mahasiswa yang masuk ke AKN Senbud Yk tiap tahunnya cukup signifikan, dalam hal ini Setditjen memandang AKN Senbud YK sebagai perguruan tinggi vokasi yang memperlihatkan progress kemajuan dalam pengembangan pendidikan vokasi. “AKN Senbud Yk diharapkan menjadi perguruan tinggi vokasi yang mampu membawa sinergitas pada bentuk-bentuk kerjasama dalam negeri dan luar negeri”, ujar Dr. Supadma, M.Hum.

Pada kesempatan yang sama Kasubag TU AKN Senbud Yk Rais Faisal Akhyar, M.Eng., menjelaskan bahwa kelompok besaran UKT untuk mahasiswa ditetapkan oleh PTN. Pemilihan UKT I dan 2 merupakan nilai biaya terendah yang dibebankan kepada mahasiswa, “AKN Senbud Yk saat ini memilih UKT 1 dan 2 untuk seluruh mahasiswa sebagai bentuk pemerataan kesempatan pada masyarakat untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, sehingga dalam penghargaan ini, AKN senbud YK mendapat nilai 100 karena seluruh mahasiswanya ditetapkan sebagai kelompok ukt 2”, terangnya.

 

 

Rochmad AKN

 

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami