AKN Senbud Yk Semarakan Bulan Merdeka Belajar Dengan Tari Montro dan Jalan Sehat Kelilingi Vredeburg

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
AKN Senbud Yk Semarakan Bulan Merdeka Belajar Dengan Tari Montro dan Jalan Sehat Kelilingi Vredeburg
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Yogyakarta, aknyogya.ac.id – Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung sebagai panitia bersama dalam perayaan bulan Merdeka Belajar yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek RI Melalui Balai Bahasa Yogyakarta. Kegiatan jalan sehat mengelilingi Benteng Vredeburg, menjadi salah satu rangkaian kegiatan perayaan bulan Merdeka Belajar, Jl Margo Mulyo, No 6, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Jumat, 24/5.

Bulan Merdeka Belajar digelar dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024. Di Yogyakarta sendiri kegiatan tersebut dipusatkan di area Taman Benteng Vredeburg. Sebelum acara jalan sehat dilangsungkan, sekitar 500 peserta yang terdiri dari anak-anak TK, SD, mahasiswa hingga masyarakat sekitar melakukan flashmob yang dipandu oleh mahasiswa Program Studi Seni Tari dari AKN Seni Budaya Yogyakarta.

Flashmob yang dipandu oleh Rizal, Meyta, Selly dan Antok tesebut membawakan tari Montro yang merupakan jenis tarian kerakyatan asli dari Kabupaten Bantul. Salah satu peserta kegiatan jalan sehat yang juga mahasiswa Prodi Tari AKN Senbud Yk mengungkapkan bahwa kegiatan perayaan Belajar Merdeka dalam rangkaian Hari Pendidikan Nasional yang diprakarsai Kemendikbudristek RI tersebut terasa luar biasa, “Sebuah event yang menurut saya luar biasa, karena melibatkan siswa sekolah TK hingga mahasiswa, kegiatan yang diawali dengan flashmob tari asli Bantul tadi juga sangat meriah,” ujar Karinda Rifka Kirani.

“Rangkaian kegiatan selain jalan sehat juga diadakan lomba lukis bercerita tingkat Sekolah Dasar, tari tarian dan yang lebih seru semua peserta maju ikut berjoget di depan panggun utama,” imbuhnya, pada tim media aknyogya.ac.id

Acara berlangsung dibarengi dengan rintik hujan. Namun hal itu tidak menyurutkan peserta untuk meramaikan kegiatan tersebut. Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 10.00 WIB yang ditutup menyanyi dan berjoget bersama.

 

Rochmad AKN

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami