Dafa, Alumni Prodi Karawitan Angkatan 9, Raih Pemeran Utama Terbaik Pria Festival Kethoprak Kota Yo

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Dafa, Alumni Prodi Karawitan Angkatan 9, Raih Pemeran Utama Terbaik Pria Festival Kethoprak Kota Yo
blog
Kadinas Kebudayaan( Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta Saat Menyerahkan Piagam Penghargaan Sebagai Pemeran Terbaik Kepada Dafa. Foto: Dok AKN

Yogyakarta, aknyogya.ac.id – Dafa Mahesa, alumni AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Angkatan tahun 2023 meraih juara Pemeran Utama Pria Terbaik pada Festival Kethoprak se-Kota Yogyakarta yang terselenggara di Gedung Sociatet Militair Taman Budaya Yogyakarta, Jl. Sriwedani, No. 1, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Kamis, 12/9.

Gelaran festival kethoprak tahun ini memasuki tahun kedua yang diikuti oleh 14 kontingen dari Kematren se-Kota Yogyakarta. Dafa Mahesa peraih juara Pemeran Utama Terbaik Putra dalam penampilannya mengalir sesuai perannya dalam naskah dan tidak berfikir akan mendapatkan penghargaan, “Berbicara perasaan tentu saja senang dan bangga bisa mendapatkan penghargaan, dan tidak pernah menyangka bisa menjadi pemeran putra terbaik,” ujar pemeran tokoh Prabu Amisena, Raja Kerajaan Kediri.

  

Kepada media, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menerangkan bahwa tujuan diadakannya Festival Kethoprak ini salah satunya adalah untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya gaya Yogyakarta, “Festival tersebut juga salah satu ruang atau media bagi seniman-seniman seni pertunjukan untuk lebih mengimprove, mengembangkan dirinya terkait dengan seni kethoprak khusunya gaya Mataraman,” terangnya, seusai menyerahkan penghargaan.

“Selain mendapat penghargaan dan uang pembinaan, juara umum dan pemeran terbaik nantinya akan mewakili kontingen Kota Yogyakarta untuk masuk pada kontestasi festival kethoprak tingkat provinsi DIY. Tentunya dengan diadakanyan festival ini harapannya ada regenerasi pelaku seniman dan seni kethoprak akan lestari, berkembang dengan baik di Kota Yogyakarta khususnya,” imbuh Yetti Martanti, S.Sos. M.M., Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Diraihnya sebagai pemeran utama terbaik pria yang merupakan alumni Program Studi Seni Karawitan tahun angkatan 2023 ini menunjukan bahwa kemampuan skill mahasiswa dan alumni AKN Seni Budaya Yogyakarta teruji dan sangat berpotensi besar pada seni khususnya seni dan budaya Yogyakarata, “Saya sebagai kaprodi sekaligus dosen seni karawitan mengapresiasi atas capaian Dafa salah satu alumni prodi Karawitan  keluar sebagai pemeran putra terbaik  pada Festival Kethoprak tingkat Kota Yogyakarta, semoga capaian ini menjadi motivasi bagi angkatan di bawahnya dalam berkesenian dan pengembangan budaya,” ujar Bayu Purnama, M,Sn.

 

Rochmad AKN

 

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami