Luvita Pradana, M.A. Raih Penghargaan Atas Karya Tari Visualisasi Perangko Pada HUT Sleman Ke-108

avatar
Ditulis oleh
Administrator
0 komentar
Luvita Pradana, M.A. Raih Penghargaan Atas Karya Tari Visualisasi Perangko Pada HUT Sleman Ke-108
blog
Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta

Sleman, aknyogya.ac.id – Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta melalui Prodi Seni Tari turut hadir menyemarakkan Launching Perangko yang bergambar Buk Renteng sebagai ikon penanda kota yakni Kabupaten Sleman. Peluncuran perangko tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi Kabupaten Sleman yang ke-108. Kamis, 16/5 di Pendopo Parasamya, Jl. Parasamnya, Beran, Tridadi, Sleman.

Bupati Sleman mengungkapkan bahwa bangunan sejarah Buk Renteng sendiri adalah sebuah kanal atau saluran irigasi peninggalan pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1909 yang bernama Van Der Wijck. Bangunan ini memiliki nilai sejarah dan keunikan tersendiri. Salah satunya pada bentuk saluran air yang dibangun lebih tinggi dari jalan dan area persawahan, dan ditopang oleh pilar-pilar melengkung dan saling sambung. Potensi destinasi wisata Herietage ini perlu di promosikan agar semakin dikenal, “Perangko seri penanda kota Buk Renteng ini diharap juga dapat membantu publikasi bangunan cagar budaya yang terbukti memiliki peran penting dalam mewujudkan DIY sebagai lumbung pangan,” terang Rustini, seperti dilansir dari harian jogja.com

Pada hari yang sama selain peresmian perangko bergambar Buk Renteng atas inisiatif pemkab Sleman sebagai ikon penanda kota, juga diserahkan penghargaan sebagai pegiat seni budaya khususnya seni tari kepada Luvita Pradana Puspitasari, S.Sn., M.A. dosen tari yang juga pengasuh Sanggar Tari Krincing Mas oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Di tempat yang sama Luvita mengungkapkan bahwa, penghargaan yang ia terima merupakan penghargaan terhadap karya kolaboarsi pada Prodi Seni Tari AKN Seni Budaya Yogyakarta yang pada kesempatan yang sama ikut mengisi tarian pada acara peresmian tersebut, “Penghargaan yang diterima yakni atas karya saya yang bisa memvisualisasikan perangko yang dilaunhcing oleh kemenkominfo,” ujarnya, sesaat setelah usai menerima pengalungan syal.

Pada peluncuran perangko yang diresmikan oleh Bupati Sleman tersebut juga dihadiri oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informasi Nezar Patria, Direktur Pos Indonesia dan Ketua Umum Perkumpulan Filatelis Indonesia yang juga anggota MPR RI Fadli Zon serta Paniradya Pati Kaistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si.

 

Rochmad AKN

 

 

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, atau masukan anda kepada kami